Asking for Hope to Human




29th of Sept. 2018

Waktu itu, ada seseorang promosi blog nya ke grup yang ada gue juga di dalamnya. Honestly, i don't know her enough. Gue cuma tau dia ada dalam satu organisasi yang sama dengan gue, tapi gue gak terlalu kenal wajah dia. Karna bosen, gue iseng buka blog dia dan baca beberapa postingan dia, dan gue tertegun di salah satu kutipan di mana dia juga mengutip dari sumber lain yang bunyinya: 

  "Allah memberimu rasa sakit agar kamu paham bahwa berharap kepada manusia itu menyakitkan."

Mungkin kalimat itu terdengar biasa aja, tapi maknanya dalem banget. Bener apa yang ditulis sama blog itu, kita gak seharusnya berharap terlalu besar sama manusia, karena sesungguhnya berharap sama manusia sama aja kayak berharap sama hal yang gak pasti. Waktu kelas 3 SMP, gue pernah minta laptop ke nyokap gue. Pas gue tagih, doi bilang bakal ngasih pas liburan. Akhirnya gue tungguin sampe liburan. Pas nagih, nyokap gue bilang habis lebaran. Akhirnya gue tungguin abis lebaran. Pas gue nagih, nyokap gue bilang pas gue udah pasti keterima di SMA Negeri. Akhirnya gue tungguin sampe hari pengumuman penerimaan murid SMA sekolah gue. Pas gue nagih lagi, nyokap gue bilang pas h-1 sekolah. Akhirnya gue tungguin sampe h-1 sekolah. Pas gue nagih, lagi dan lagi nyokap gue bilang pas bokap gue udah sampe Arab (Bokap gue kerja di Arab, dan pas liburan kenaikan kelas selalu pulkam). Akhirnya gue tungguin sampe bokap gue udah sampe di Arab. Pas gue nagih -lagi, nyokap gue bilang habis doi naik haji. Gimana gue ga gedeg waktu itu? Lo bisa bayangin jadi gue rasanya gimana. Bukan, ini bukan masalah uang. Gue yakin mereka udah mikir panjang masalah ini karena laptop salah satu kebutuhan sekunder yang (hampir) harus gue punya in order to mempermudah berbagai tugas gue (Karena alhamdulillah mereka selalu memenuhi kebutuhan gue kalau emang gue bener-bener butuh, bukan buat pemuas hawa nafsu doang). Akhirnya, di situ gue doa ke Allah semoga gue bisa beli laptop saat itu juga. Akhirnya, hati nyokap gue luluh -setelah gue bujuk-bujuk juga. 

Pas baca kutipan tadi, gue langsung inget kejadian itu. Gue baru sadar, gue terlalu berharap sama nyokap gue, sama manusia, sama hal yang nggak pasti.  Bukannya Allah malah nyuruh kita berharap kepada-Nya? Dan setelah gue doa ke Allah, akhirnya Dia menjadikan nyokap gue perantara atas terpenuhinya harapan gue. Manusia punya banyak keterbatasan, manusia punya banyak kekurangan, manusia gak punya kuasa apa-apa. Cuma Allah yang punya. Cuma Allah yang gak pernah php-in umatnya. Dengan cara apa kita berharap sama Allah? Ya berdoa. Kalau Allah belum mengabulkan doa lo, berarti Allah punya jalan lain yang udah pasti terbaik buat lo. Allah tau segalanya yang terbaik buat lo. Lo gagal ujian padahal udah usaha+doa? Allah pasti punya rencana lain yang lebih baik dari itu. Percaya sama Allah, selalu. The power of  pray is real.

Bagi yang mau baca blog yang jadi inspirasi gue nulis postingan ini, go click this!

Komentar

Postingan Populer