The Beginning of My Story



27th of Sept. 2018

Buat yang gak tau gue, kenalin, gue Abidah Ardelia Chosal. Abidah ya, bukan Adiba. So many people call me wrong at the first time we meet ): Panggil aja gue Abid, Bidah, terserah lo. Tapi gue lebih suka dipanggil Ardel, sih, walaupun temen-temen gue gak ada yang mau manggil gue gitu, kebagusan katanya. Asal jangan manggil gue 'boss' aja pokoknya.

Saat gue menulis ini gue lagi duduk di bangku kelas 2 SMA -eh, gak lagi duduk di bangku beneran, perumpamaan doang maksudnya, tapi tinggi gue kayak masih anak SD. Banyak yang kaget soalnya pas ketemu gue dan gue bilang gue anak kelas 2 SMA. Sedih gue.

Gue setiap pagi -kecuali sabtu minggu, nge gr*b ke SMAN 2 Cirebon. Gak terlalu jauh sih jaraknya tapi kalau jalan kaki bisa kurus dalam 1 minggu gue (coba kalau bisa nambah tinggi, setiap hari deh gue rela jalan kaki). Perjuangan banget bisa sekolah di sini. Gimana gue dulu dilarang banget buat sekolah di negeri -iya, gue mantan anak pesantren, sampe bokap gue bilang, kalau gue gak sekolah di pesantren mending gue jadi tukang jahit aja. Akhirnya setelah negosiasi panjang, gue dibolehin, dengan 1 syarat, NEM gue harus bagus. Ini seriusan pas ortu gue bilang gitu gue langsung semangat belajar. Dari yang awalnya gue udah pasrah sama NEM gue, like udahlah gak bakal guna juga ini NEM, langsung gue mati-matian belajar siang malem ditambah panjatan doa setiap sholat.
Singkat cerita, waktu itu hari pembagian NEM. Gue deg-degan banget, udah kayak kalau lagi sama doi aja -eh, emang punya doi?. And then, jreng jreng jreng.. you know that feel, like i was announced to be the winner of OSN. Gak yakin-yakin banget sih sebenernya dengan nilai segitu apakah gue bisa masuk SMAN 2 Cirebon apa nggak, tapi minimal perjuangan gue gak sia-sia banget lah.

Akhirnya dengan modal NEM yang gue dapet, gue memberanikan diri daftar di sekolah yang udah lama gue impikan. Baru hari kedua pendaftaran waktu itu. Gue melihat sekeliling dan gue langsung rendah diri. Bayangin aja, yang daftar kayaknya anak-anak berprestasi dan berdompet tebel semua. Haduh, dengan modal NEM yang gak bagus-bagus banget gimana gak minder?

Sekitar 1 minggu setelah pendaftaran, waktunya pengumuman. Gue gak perlu ngasih tau hasilnya, kan, karena gue yakin lo lo semua udah pasti tau. Ya iyalah, kalo gue gak keterima gue gak bakal nulis 'gue bersekolah di SMAN 2 Cirebon' sebelumnya. Hasilnya gak surprise-surprise banget sih, soalnya gue udah bisa mantau hasilnya dari beberapa hari sebelumnya. Intinya hari itu gue seneng, iya seneng, seneng banget. Perjuangan gue selama berbulan-bukan gak sia-sia. IYA GUE SENENG BANGET POKOKNYA. Sekolah di negeri is one of dreams. Mungkin terdengar alay, lebay, tapi ini serius. Gue bukannya gak suka sekolah di pesantren, yes, gue emang gak betah di sana, tapi gue bersyukur gue punya kesempatan buat sekolah di sana. They teach me so many new things that really built my character.

Buat yang bertanya-tanya gue dari pesantren apa, gue mantan santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat. And for those who want to go to school in a boarding school i really recommend you to go there. Because really, they gave me many life lessons that i wouldn't get it in another place.

Balik lagi ke masa kebahagiaan gue setelah diterima sekolah di SMAN 2 Cirebon. Langsung setelah daftar ulang, gue dan ortu gue langsung nyari kost terdekat -iya, jarak rumah gue ke sekolah jauh banget soalnya. Dan ketemulah salah satu asrama putri yang udah berdiri berpuluh-puluh tahun yang lalu. Kebayang gak sih, setua apa? Iya, gaya bangunannya udah kuno banget, dengan sedikit improvisasi di beberapa bagian bangunan. Asrama putri itu yang akhirnya jadi tempat tinggal gue selama 6 bulan ke depan. Loh, kok cuma 6 bulan? Iya, gue pindah kost setelahnya, ke kostan lain yang akhirnya hanya gue tempati 6 bulan setelahnya. Gak betah juga, hehe. Jangan tanya kenapa gue gak betah.

Udah sih ya, mungkin segitu aja yang mau gue sampein. Sebenernya pengen lanjutin lagi but i'm too sleepy. Maybe i'll edit it later as soon as possible. See you soon! Xoxo.

Komentar

Postingan Populer