I Call Him 'Awa'

30th of sept. 2018

Kalau ditanya siapa sosok lelaki yang paling gue kagumi selain Rasulullah SAW, gue bakal jawab 'Awa', my grandpa who's gone about 5 years ago.  Sejak kecil, gue lebih dekat sama beliau dibanding ayah gue. Of course, karena ayah gue kerja di luar negeri sejak gue kecil. Bukan, bukannya gue gak sayang sama ayah. It's another thing.

Dulu, gue sering banget diajak main sama beliau ke rumah temen-temennya, atau sekedar ngopi bareng malem-malem. Gue juga sering banget gangguin beliau pas beliau lagi ngerokok (iya, beliau perokok berat, dulunya, yang ketika adek gue lahir beliau paksain buat gak ngerokok lagi) sambil minum teh yang gulanya banyak banget di teras rumah. Dari teras rumah, selalu kelihatan di langit semburat api yang asalnya dari Pertamina gak jauh dari rumah gue. Beliau cerita kalau dulu kerja di situ.

Kalau malam minggu, gue dan beliau selalu begadang buat nonton acara tv horor langganan kami, 'Mr. Tukul' yang gue baru sadar beberapa tahun kemudian kalau acara itu setingan. Di samping beliau sebenernya tau atau nggak itu acara setingan, dulu gue sama beliau menikmati banget acaranya. Gue yakin sih sebenernya beliau gak hobi-hobi banget nonton begituan, gue nya aja yang udah addict sama program itu sampe beliau maksain nemenin gue begadang setiap malem minggu.

Makanan favorit beliau sate. Gue dulu sering banget disuruh beliin sebungkus sate buat dimakan bareng berdua. Sebenernya belinya sih, gak banyak-banyak banget, kebersamaan nya lah yang sampe sekarang gue rindukan.

Sejak SD, gue udah dikasih fasilitas laptop sama orang tua gue, yang sering gue manfaatin buat berinternet ria seharian. Awa merupakan salah satu orang yang paling rajin ngingetin gue kalau kelamaan duduk depan laptop gak baik, bikin sakit mata, yang akhirnya hanya gue anggap angin lalu waktu itu.

Kesehatan beliau mulai menurun ketika gue masih duduk di bangku kelas 5 SD. Selain penyakit jantung yang disebabkan rokok, beliau juga menderita penyakit prostat. Beberapa kali beliau dirawat karena 2 penyakit tersebut. Terakhir kali prostat beliau kambuh adalah bulan April 2013. Beliau sempat dirawat sekitar 2 minggu, yang setelahnya diperbolehkan pulang 3 hari buat siap-siap operasi 3 hari setelahnya. 3 hari yang nantinya gue sadar kalau itu berharga banget. Di 3 hari itu, beliau bahkan sempat-sempatnya nyuruh gue beli sate. I realized then that it was the last time to me to bought him satay.

24 April 2013, hari rabu. Hari ketika beliau menjalani operasi prostat. Gue gak sempat menjenguk beliau waktu itu. Alhamdulillah nya, operasi beliau berjalan lancar. Hari sabtunya, gue baru bisa menjenguk beliau. I saw his last smile those time, a good bye smile.

29 April 2013, hari senin. Gue awalnya berencana buat jenguk beliau siang hari. Karena masalah kendaraan, gue akhirnya numpang ke saudara gue yang berencana mau jenguk hari itu. Sayangnya waktu itu kami telat, mereka udah pergi duluan. Akhirnya gue sama mama pergi pake kendaraan umum. Sampe di kamar penginapan beliau, gak ada siapa-siapa di sana. Bahkan ranjang yang beliau tempati pun rapih banget. Akhirnya, maka nelfon tante gue, dan barulah di situ gue tau kalau beliau masuk ICU. Gue yang belum cukup umur buat masuk ICU kala itu akhirnya menemani adik gue di taman bermain yang ada di belakang ICU.

Hari mulai malam, mama gue dan yang lainnya belum juga keluar. Sampai sekitar habis maghrib, tante, mama, dan nenek gue keluar. They cried, and the one who told me about my grandpa's death is mom. I wasn't believing her those time.

Saat beliau udah bebas dengan prostat nya, penyakit jantung beliau yang udah lama gak kambuh tiba-tiba kambuh. Gue tau, ini emang udah takdirnya. Emang udah jalannya. Mau dengan cara apapun, beliau emang udah ditakdirkan meninggal hari dan detik itu juga

I cried then, until the time i write this, i still remembering our memories together. Yet, he's not just a grandpa. For me, he is my hero, inspiration, and motivation.

Komentar

Postingan Populer